Lanjut ke konten

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mei 24, 2011

Nama Sekolah           : SDN 11 Selesung

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester           : V/1

Alokasi Waktu             : 2 × 35 menit

Standar Kompetensi     : 1.          Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang   berskala        nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman ketampakan alam dan suku bangsa,serta kegiatan ekonomi di Indonesia

Kompetensi Dasar        : 1.2        Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha  dan   Islam di Indonesia

Indikator                       : 1.2.1     Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha di Indonesia

1.2.2      Mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat

1. menjelaskan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha di Indonesia;

2. menjelaskan tokoh-tokoh sejarah pada masa Islam di Indonesia.

B. Materi Pembelajaran

Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi

2. Tanya jawab

3. Tugas

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a. Pendahuluan ( 10 Menit)

1). Mempersiapkan siswa untuk belajar

2). Apersepsi : a.  Bertanyajawab kepada siswa berkaitan dengan Peninggalan sejarah yang bercorak islam

b.  Menyampaikan tujuan pembelajaran.

b. Kegiatan Inti (40 menit)

1) Guru membagi siswa dalam empat kelompok.

2) Setiap kelompok diberi tugas  untuk mencari tokoh-tokoh sejarah Hindu,Budha dan Islam dalam buku IPS kelas 5 hal 26-35.

Contoh tugas Kelompok :

Carilah nama-nama tokoh dan kerajaan masa pengaruh agama Hindu,Budha dan Islam dan catatlah pada tabel dibawah ini !

No

Nama Tokoh

Nama  Kerajaan

1
2
3
4
5
dst

3) Setiap kelompok diberikan waktu  untuk menyampaikan hasil kerja kelompoknya.

4) Menanggapi hasil kerja kelompok siswa.

c. Penutup (20 menit)

1) Bersama siswa merangkum materi yang dipelajari.

2) Penilaian

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Buku IPS 5 Kelas V SD dan MI terbitan Pusat Perbukuan (buku BSE)

2. Gambar tokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian

a. Tes tertulis

b. Pengamatan

2. Bentuk Instrumen

a. Tes uraian

3. Soal/Instrumen

a. Tes Uraian

1) Sebutkan raja-raja mempengaruhi perjalanan kerajaan singasari !

2) Sebutkan isi sumpah palapa yang diucapkan oleh gajah mada !

3) Mengapa Sultan Baabullah Menyebut dirinya”Yang dipertuan di 72 pulau”?

4) Mengapa Sultan Hasanuddin mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur?

b. Pengamatan

No

Nama Siswa

Keaktifan siswa

Aktif

Tidak

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

c. kunci Jawaban Tes Uraian

1. a. Ken Arok

b. Anusapati

c. Tohjaya.

d. Wisnuwardhana.

c. Kertanagara.

2. Tidak akan hidup enak sebelum mempersatukan nusantara.

3. Karena berhasil menguasai 72 pulau.

4. Karena berani dan bersikap tegas

d. Skor Tes Uraian

Jumlah jawaban benar x 100

Jumlah seluruh soal

Mengetahui

Pengawas TK/SD

 

S  U  Y  A  N  T  O

NIP.195504161975121004

Selesung,                        2010

Guru Kelas

MUHAMAD USNI,S.Pd.SD

NIP.197608281998071001

About these ads

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: