Skip to content

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1) Mata

Mei 26, 2011

Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
:
V/I
Waktu
:
7 Pertemuan (14Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi
:
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
Kompetensi Dasar
:
1.1 mengidentifikasi fungsi alat pernafasan manusia
1.2 mengidentifikiasi fungsi organ pernafasan hewan, misalnya ikan dan cacing tanah
Indikator
:
1. mengidentifikasi fungsi alat pernafasan manusia.
2. mendemonstrasikan cara kerja alat pernafasan manusia.
3. menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernafasan manusia.
4. menyebutkan alat pernafasan manusia.
5. menjelaskan cara memelihara alat pernafasan
6. membuat model alat pernafasan pada manusia
7. mengidentifikasi fungsi alat pernafasan pada ikan
8. mengidentifikasi fungsi alat pernafasan pada cacing tanah .
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dan diskusi siswa dapat:
1. Menyebutkan alat-alat pernafasan pada manusia dan fungsinya masing-masing.
2. Mencari informasi gangguan-gangguan alat pernapasan manusia.
3. Menjelaskan gangguan-gangguan pada alat pernafasan manusiai.
4. Menjelaskan cara pencegahan atau menjaga alat pernafasan
5. Membuat model paru-paru manusia.
6. Menjelaskan cara kerja paru-paru menggunakan model paru-paru yang telah mereka buat.
7. Membedakan pernafasan pada pria dan wanita
8. Menyebutkan dan menjelaskan alat pernapasan pada ikan, cacing, mamalia, burung, serangga, dan reptilia.
B. Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN I (menyebutkan dan menjelaskan alat-alat pernapasan manusia)
1. Kegiatan Awal (10 menit)
o Salam pembuka, berdoa
o Mengabsen kehadiran siswa
o Appersepsi melakukan Tanya jawab tentang alat-alat pernapasan manusia yang mereka ketahui dan guru menyuruh salah seorang siswa untuk menuliskan pendapat dari teman-temannya di papan tulis.
o Motivasi: menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan siswa
2. Kegiatan Inti (50 menit)
o Siswa menggambar alat pernapasan manusia sesuai dengan contoh charta pernapasan manusia yang disajikan guru.
o Siswa memberikan nama-nama bagian alat pernapasan manusia sesuai pada gambar yang sudah di biuat.
o Siswa melengkapi tabel fungsi bagian pernapasan manusia.
Bagian Pernapasan manusia
Fungsi
1. Hidung
2. faring
3. rambut hidung
4. laring
5. trakea
6. bronkus
7.alveolus
……………………………………………………….
………………………………………………………….
……………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
………………………………………………………….
o Beberapa orang siswa ditunjuk untuk mempresentasikan hasil kerjaannya di depan kelas
o Diskusi kelas, Tanya jawab, dan kesimpulan
3. Kegiatan Akhir ( 10 menit)
o Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan kegiatan yang baru dilakukan.
o Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru
o Tindak lanjut,
o Doa dan Salam penutup
PERTEMUAN

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: